Sejarawan Usul Nama JIS Diganti Jadi Stadion MH Thamrin, Berikut Alasannya

Solusi Rezeki-Wacana penggantian nama Jakarta International Stadium (JIS) kembali digaungkan. Stadion anyar itu diusulkan berubah nama menjadi Stadion MH Thamrin. Sejarawan JJ Rizal menggaungkan usulan itu dengan mengajukan petisi melalui www.change.org

Selasa petang (31/5/2022), penulis buku ‘Ragam Budaya Betawi’ itu memaparkan sejumlah argumentasi. Selain ada yang menganggap penamaan Jakarta International Stadium (JIS) melanggar UU No. 24/2009 karena menggunakan Bahasa Inggris, nama tersebut tak dapat memacu semangat untuk memajukan persepakbolaan nasional karena tidak menggunakan nama tokoh sejarah yang inspiratif

Terkait nama tokoh yang inspiratif, sejarawan dari LIPI, Asvi Warman Adam melalui surat pembaca di harian Kompas, 10 Mei 2022, mengusulkan nama Suratin. Dia adalah pendiri Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Tapi JJ Rizal menilai ada sosok lain yang lebih tepat yakni MH Thamrin, karena tanpa dirinya organisasi PSSI sulit terwujud kala itu.

“Thamrin adalah pahlawan nasional sekaligus tokoh Betawi, warga asli Jakarta. Dia juga dikenal sebagai penggila bola dan punya visi sepakbola modern Indonesia sebagai reaktor kebangsaan,” paparnya.

Visi sepakbola Thamrin, sambung JJ Rizal, tumbuh dari kampung-kampung. MH Thamrin melihat sepakbola Pribumi bermutu tapi didiskriminasi. Karena itu ia selalu menggunakan posisinya di Gementeraaden (Dewan Kota) dan Volksraad (Dewan Rakyat), untuk menyuarakan isu ini.

Thamrin, kata pendiri dan direktur Penerbit Komunitas Bambu itu melanjutkan, meyakini sepakbola bukan sekadar olahraga rakyat, melainkan medium gerakan kebangsaan.

Klik Prediksi Bola Online Jitu
Riset sejarah oleh Srie Palupi, “Politik dan Sepakbola”, membenarkan hal itu. Sepakbola yang masuk Hindia pada akhir abad ke-19 berbareng ideologi-ideologi besar-nasionalisme, komunisme, islamisme, sosialisme-sama diterima dan tumbuh jadi counter culture terhadap perkembangan masyarakat serta sejarah kolonial. Inilah jalan keluar yang ditawarkan Thamrin.