Samsung Kena Denda Rp148 Miliar Di Australia

Solusi Rezeki- Setiap perusahaan pasti berusaha untuk membuat iklan dari produknya agar menarik perhatian orang yang melihat untuk membelinya.

Tapi terkadang iklan yang dibuat bisa menyesatkan atau mungkin berlebihan, seperti yang dilakukan oleh Samsung Australia.

Pada tahun 2019 lalu, Samsung Australia telah dibawa ke pengadilan oleh Australian Competition and Consumer Commission (ACCC) terkait iklan sertifikasi IP68 yang mereka tampilkan untuk smartphone-nya.

Pasalnya apa yang dikatakan Samsung terkait fitur tahan air di smartphone-nya itu tidak sesuai dengan kebenarannya.

Samsung Australia diketahui membuat iklan yang mengatakan bahwa beberapa smartphone dari seri Galaxy S, A, dan Note Series tahan air dan bisa dibawa ke kolam renang dan air laut.

Namun nyatanya sertifikasi IP68 sendiri hanya membuat smartphone tahan terhadap air biasa tetapi tidak bisa dibawa ke dalam kolam renang dengan kedalaman tertentu dan juga air laut.

ACCC pun menyebut Samsung Australia telah menjual 3,1 juta unit perangkat dari iklan yang mereka anggap menyesatkan tersebut.

Alhasil 3 tahun kemudian, pengadilan Australia memutuskan untuk memberikan denda kepada Samsung senilai AUD 14 juta atau setara Rp148 miliar.