Erik Ten Hag Memaksakan Ronaldo Jadi Cadangan , Jadi Kalah

Berita Online Hari Ini  – Erik Ten Hag  jadikan Cristiano Ronaldo cadangan di laga perdana Manchester United kontra Brighton di Old Trafford (7/8/22).

Keputusan Ten Hag ini bukan karena insiden di mana Ronaldo dan beberapa rekannya meninggalkan Old Trafford kala MU masih bermain dalam uji coba kontra Rayo Vallecano.

Alasan utamanya karena alasan strategi tim dan menimbang kondisi fisik Ronaldo yang tak terlibat dengan skuad MU dalam tur pramusim di Thailand dan Australia. Ronaldo memutuskan untuk tak ikut MU di tur pramusim karena mempunyai urusan personal dengan keluarganya.

Ten Hag menimbang bahwa kondisi Ronaldo belum begitu fit. Hal itu sebenarnya sudah terbukti ketika Ten Hag hanya memainkan Ronaldo selama 45 menit dalam laga uji coba di Old Trafford akhir pekan lalu kontra Rayo Vallecano.

Ten Hag berani mengambil keputusan. Mebuat Ronaldo jadi cadangan bukanlah perkara gampang. Efeknya bisa mempengaruhi relasi Ten Hag dengan Ronaldo, dan bahkan dengan ruang ganti secara umumnya.

Bukan rahasia lagi jika Ronaldo mempunyai dampak cukup kuat di ruang ganti. Hal ini bisa menjadi salah satu tantangan terberat Ten Hag dalam mengatur ruang ganti, terlebih lagi jika Ten Hag gagal memberi pengaruh pada permainan MU di lapangan hijau.

Selain itu, Ten Hag harus mempunyai kepribadian yang kuat dalam menghadapi karakter Ronaldo. Keputusannya untuk pergi dari MU bisa menjadi contoh dari ambisi Ronaldo untuk tetap sukses di usianya yang ke-37 tahun.

Selain itu, Ronaldo juga terlihat berani untuk mengambil keputusan yang cukup kontroversial ketika meninggalkan lapangan kala rekan-rekan setimnya masih bermain.

Dalam laga uji coba kontra Rayo Vallecano, ada insiden yang menimbulkan kontroversial di kubu MU. Ronaldo bersama pemain lainnya meninggalkan stadion di saat timnya masih berlaga.

Sontak saja, insiden ini menimbulkan perdebatan. Ten Hag sendiri tak menerima apa yang dilakukan Ronaldo dan beberapa pemain lainnya yang meninggalkan lapangan ketika MU sementara berlaga.

Insiden ini tak menjadi sebab di mana Ronaldo dibangkucadangkan saat MU bertemu Brighton di Old Trafford (7/8/22). Ten Hag lebih mempertimbangkan sisi taktik daripada mengambil resiko dengan mamainkan Ronaldo yang baru bergabung dengan skuad MU di satu pekan terakhir.

Ronaldo tak memiliki pilihan dalam menghadapi keputusan pelatih asal Belanda itu. Mau tak mau, Ronaldo harus menerima keputusan pelatih daripada situasinya di MU menjadi rumit.

Ya, Ronaldo berniat pergi dari MU. Akan tetapi, sejauh ini belum nampak ada klub yang tertarik untuk merekrut pemain yang telah meraih 5 gelar Ballon d’Or ini.

Makanya, kemungkinan besar Ronaldo tetap bertahan di MU dan harus mengikuti sistem kerja yang dibangun oleh Erik Ten Hag. Termasuk bersedia duduk di bangku cadangan sebagaimana yang dialaminya di laga perdana.

Posisi Ronaldo di bangku cadangan pastinya tak nyaman. Ronaldo baru dimasukan menit ke 53 menggantikan Fred dan MU sudah ketinggalan dua gol yang dicetak oleh Pascal Gross. Ketika Ronaldo masuk, Eriksen mengambil peran Fred dan Ronaldo kemudian mengisi peran sebagai striker.

Ronaldo yang menjadi top skorer MU dengan mencetak 24 gol untuk MU pada musim lalu diharapkan sebagai penyelamat tim yang berjuluk Setan Merah ini.

Namun, harapan itu berakhir hampa. Sejak Ronaldo masuk, MU hanya berhasil mencetak satu gol. Itu pun terjadi karena gol bunuh diri pemain Brighton.

Hasil akhir berpihak pada Brighton. Kemenangan 2-1 melukai MU.

MU pun terkapar di laga perdana Liga Inggris musim 2022/23 di rumahnya sendiri. Tentu saja, ini menjadi situasi yang meyesakkan suporter MU.

Alih-alih mengharapkan perubahan di bawah kendali Ten Hag, MU seolah kembali pada persoalan lama. MU keropos di lini depan, dan tak begitu ngotot bermain di lini depan.

Tampaknya, Ten Hag memaksakan memainkan Erikson dengan posisi penyerang tengah, seharusnya Ronaldo yang mengisi posisi tersebut. Namun, Ten Hag tetap memaksakan strategi yang berbuah petaka untuk MU.

Klik Prediksi Bola Online Jitu

Rupanya, Ten Hag lebih berpatok pada prinsipnya sebagai pelatih daripada memikirkan konsekuensi untuk menempatkan pemain yang berposisi  cocok.

Ronaldo dibangkucadangkan, namun ten Hag seolah memaksa formasi untuk MU. Akibatnya, MU tak berdaya di tangan Brighton, dan harus menerima kekalahan di laga perdana di depan pendukungnya sendiri di Old Trafford.